Senin, 27 Januari 2014

Problem XAMPP, Apache ga mau jalan.


Belakangan ini saya coba kembali install salah satu PHP development environment yang sudah terintegrasi antara web server apache, database mysql, Filezilla ftp server yaitu Xampp.

Ceritanya mau coba untuk belajar lagi instalasi CMS word press. setelah install ternyata ada masalah sewaktu mau running web server APACHE. APACHE ga mau jalan so alhasil local host saya pun tak bisa di tampilkan.

Setelah cek sana sini, ternyata yang menjadi biang masalahnya adalah port 80 di pakai oleh software skype dan untuk mengatasinya adalah harus membebaskan port 80 dari jajahan skype itu.

Berhubung saya masih butuh skype untuk tetap berjalan, saya coba untuk set port lain untuk apachenya. Tidak tau kenapa ni APACHE masih saja ga mau on.

Setelah iseng2 utak utik, ternyata solusinya cukup mudah, config skype untuk tidak menggunakan port 80.
Caranya??? ikuti petunjuk berikut:

Pada software skype klik > Alat -> opsi.  Atau bisa juga dengan kombinasi kunci Ctrl+,

Klik Menu Lanjutan-> Koneksi dan hilangkan centang di "Gunakan Port 80 dan 443sebagai alternatif koneksi masuk". lalu klik simpan.


Dan..... jeng jeng jeng.... Apache saya sudah berdamai dengan skype. Apache jalan, skype juga jalan hehehe.

Tidak ada komentar: