Kamis, 30 Januari 2014

Tips menghindari kejahatan perampasan motor berkedok Finance tertentu.

Akhir-akhir ini banyak sekali kejadian penyitaan motor di jalan atas nama finance tertentu yang menunggak dengan dilakukan oleh  pihak ketiga . Terlepas motor tersebut masih menunggak atau tidak, menurut saya sangat tidak etis dan mungkin bisa masuk ke kategori perampasan.

Belakangan ini makin marakmodus perampasan motor yang berkedok mengatasnamakan Finance Bodong dengan bermodal catatan di nomor polisi motor yang mereka bawa ke mana mana. Untuk lebih meyakinkan, mereka kadang memiliki kartu identitas Finance bodong tersebut sehingga kadang orang sekitar atau mungkin juga pihak kepolisian tidak bisa berbuat apa-apa.

Untuk mencegah perampasan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut berikut saya sampaikan beberapa tips yang bisa di lakukan untuk terhindar dari perampasan motor di jalan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab:
1. Berhentilah di tempat yang ramai
    Carilah tempat yang ramai, bila perlu berhenti di kantor polisi dan minta bantuan polisi untuk mediasi. 
2. Jangan Panik
    Jangan panik, ka,au perlu kita juga harus lebih galak. semakin panik akan semakin di tekan oleh mereka.
3. Tanya kan mereka dari finance apa.
     Tanyakan perusahaan finance apa yang menyuruh mereka. Pastikan itu dari finance tempat anda leasing ( bila anda melakukan leasing). salah satu modus, mereka menggunakan nama PARA finance, padahal PARA finance sudah tidak ada karena sudah berganti nama ke Mega FInance. sumber
4.Lakukan verifiakasi, nama pemilik, dan nomor mosen dan rangka.
    Jika mereka bukan dari finance yang membiaya kredit motor anda, anda perlu waspada.
Anda bisa menanyakan nama pemilik dari nopol tersebut, bila data mereka otentik pasti akan sama. setelah itu, tanyakan ke mereka nomor rangka dan nomor mesin untuk di cocokkan ke fisik motor anda, akan lebih afdol kalau anda bisa membawa orang lain atau polisi pada saat cek fisik. Alternatif foto mereka saat melakukan cek fisik. Biasanya nomor mesn dan rangka yang mereka miliki tidak akan sesuai..
5.  Jangan sampai Data di STNK di catat oleh mereka.
    Jangan berikan STNK kepada mereka atau untuk mereka catat. cukup tunjukkan saja untuk verifikasi pertanyaan diatas. 
6. Biasakan membayar cicilan tepat waktu dan jika memungkinkan bawa bukti pembayarannya.
   Bila mereka adalah benar dari finance yang membiayai kredit motor anda dan semua verifikasi sudah benar, kemungkinan memang ada tunggakan yang belum di bayarkan. Anda bisa meminta mereka untuk mengantar ke cabang finance terdekat dan minta untuk mengurus di kantor.  Pernah ada kejadian yang di alami oleh ibu saya saat di antar oleh tetangga, mereka di pepet orang saat neik motor dan di "giring" masuk ke dalam kantor finance tertentu. Oleh orang orang tersebut di jelaskan bahwa motor masih nunggak dan harap di selesaikan di dalam kantor. Mungkin hal seperti ini lebih baik untuk semua.

Sumber inspirasi 





Tidak ada komentar: